Posted by : Unknown Minggu, 22 Maret 2015

Haii Sobat, kali ini saya akan membahas tentang makanan yang di sukai semua orang, dari anak kecil, anak muda, sampai orang tua. Makanan ini disukai karena rasanya yang manis, lembut dan segar. Siapa sih yang belum pernah makan es krim? pasti sudah pernah merasakan nikmatnya es krim, hanya saja mungkin es krim yang akan saya bagikan infonya ini sobat belum pernah mencobanya :-) ahahaaa... :-D Langsung saja ini dia es krimnya :-)

1. Gelato

Gelato  adalah sebuah ice cream dari Italia yang memiliki arti beku dari kata 'gelare'. Ice cream gelato dikenal lebih kental daripada ice cream biasanya. Makanya ice cream jenis ini sering ada di kawasan pantai, lebih padat dan dingin. Adonannya yang penuh dengan telur membuat gelato makin padat dan enak. Campuran susunya pun mempergurih ice cream yang dingin tersebut. Meskipun gelato padat, namun dikandungannya tidak mengandung lemak yang tinggi, sehingga gelato ini digemari meskipun harganya lebih mahal.

2. Sorbet 

 

 

Sorbet, sajian ice cream yang terbuat dari jus buah ditambahkan pemanis. Adonan sorbet adalah hasil penggilingan buah hingga halus dan tidak melalui proses memasak agar terasa kesegaran buahnya. Sorbet pun tidak menggunakan campuran susu atau telur sehingga rasa buahnya akan terasa segar. Serat yang ada pun bermanfaat untuk pencernaan. Namun OpenRicers jangan kaget kalau rasanya alami buah-buahan dan teksturnya tidaklah begitu lembut. Kalau OpenRicers mau yang ada campuran lemaknya (susu atau telur) ada ice creamnya bernama Sherbet.

 3. Sherbet

Sherbet hampir sama dengan Sorbet yang berbeda hanya adonan nya saja, yang mengandung banyak lemak . Yummy !! 

4. Frozen Yoghurt (USA)
Frozen yoghurt awalnya terinspirasi dari keinginan untuk memiliki es krim dengan rasa yang kental tetapi tidak menggemukkan. Sekarang, frozen yoghurt menjadi sangat populer di banyak negara di dunia termasuk juga di Indonesia.

5. Es krim Cheeseburger
Burger sudah menjadi sajian umum di berbagai restoran cepat saji dan tidak dapat dipungkiri bahwa burger memang adalah makanan yang cukup popular. Tapi apa jadinya jika ada es krim yang menggunakan burger sebagai bahan dasar mereka? Inilah yang dilakukan oleh Toko Heladeria Coromoto di Merida, Venezuela. Es krim yang ditawarkan juga tidak hanya secara murni berisikan burger melainkan paket lengkap yang berisikan campuran daging burger, keju, onion ring dan bahan rahasia lainnya.
Terlepas dari es krim unik satu ini, toko Heladeria Coromoto juga adalah toko es krim yang pernah masuk dalam rekor Guinness karena merupakan toko yang pernah menciptakan es krim hingga 860 rasa.

6. Es krim Bacon
 Secara singkat Bacon adalah irisan daging kering dengan bahan utama daging babi dan bacon ini sangatlah populer sebagai makanan sarapan di Amerika. Namun berbeda dengan cara penyajian yang biasanya digoreng ini. Seorang koki di Amerika bernama David Lebovitz mencoba untuk membuat Bacon menjadi hidangan lain dan ya, seperti yang Anda duga hidangan itu adalah es krim. 
Cara pembuatannya juga sangat unik.Aanda membutuhkan potongan daging bacon, dicampur dengan cinnamon, vanilla dan kemudian sedikit rum (alkohol).

7. Es krim Gurita
Jepang memang terkenal akan berbagai kreasinya dimulai dari yang paling menakjubkan hingga yang paling aneh. Kini kita akan membicarakan satu lagi es krim terunik yang berasal dari jepang. Terbuat dari bahan dasar gurita, es krim ini dikenal sebagai Taco Aisu namun anehnya yang ditawarkan di es krim ini bukanlah rasanya melainkan benar-benar potongan daging gurita di dalam es krim tersebut. Tertarik menikmati es krim sambil makan gurita?

8. Garlic Ice Cream atau Es Krim Bawang
Kemunculan es krim ini bermula dari Gilroy Garlic Festival, dimana dalam festival ini orang-orang membuat berbagai macam makanan dan minuman dengan bahan bawang putih.
Es krim dengan rasa kontroversial ini memang terasa agak aneh. Sebagian orang menyukainya, sebagian lagi membencinya. Namun hal ini tidak menyurutkan jumlah antrian pembeli dalam festival ini setiap tahunnya. Bahkan sejumlah pembeli menyebutkan bahwa rasa es krim ini ternyata tidak setajam bau bawang yang sesungguhnya.
Untuk rasa yang fantastis, Situs icecreamnation.org menyarankan untuk mencoba mencampur Garlic Ice Cream ini dengan madu dan selai raspberry.

9. Es Krim Wasabi
Apa jadinya jika es krim yang secara umum kita rasakan sebagai makanan yang memberikan rasa manis dicampur dengan sebuah cabai yang sangat terkenal akan rasa pedasnya yaitu cabai Wasabi? Wasabi yang memang tergolong pedas dan biasanya dihidangkan bersamaan dengan sushi kini dapat Anda nikmati dalam bentuk es krim di Tokyo, Jepang. 
Dikatakan bahwa rasa yang ditawarkan es krim ini sangatlah unik. Walaupun dicampur dengan Wasabi namun rasa yang diberikan tidak seluruhnya pedas, namun juga tidak seluruhnya manis. Tertarik mencoba?

10. Es krim Curry
Kari adalah makanan yang sering menjadi hidangan utama di berbagai negara khususnya di Asia. Namun kali ini kari tersebut dihidangkan secara berbeda yakni digunakan sebagai bahan dasar dari sebuah es krim. Cita rasa kari yang biasanya kental dan nikmat menjadikan es krim ini salah satu es krim terunik yang ada di dunia. Untuk membuat es krim kari dibutuhkan susu, kelapa, kuning telur, gula, bubuk cari, dan lemon.

11. Es Krim Parkit
Berbalik dengan namanya, Anda tak perlu kuatir, tidak ada daging parkit ataupun spesiaes burung pelihataan lainnya yang dilibatkan dalam pembuatan es krim ini.
Torimi Cafe di Jepang yang pertama kali mengkreasikan es krim parkit ini mengatakan bahwa mereka hanya menambahkan bahan-bahan natural pembuat es krim dengan takaran lebih banyak dari biasanya untuk pembuatan es krim ini.
Untuk memberikan rasa seolah Anda mengunyah patuk burung di dalam mulut Anda, toko ini menambahkan sejenis kacang atau marshmallow yang keras di dalam es krim.
Berdasarkan pemberitaan Rocket News 24, ketika diperkenalkan di Osaka Small Bird Expo di hanshin Departmemnt Store, jepang pada tahun lalu, es krim ini mencuri banyak perhatian pengunjung dan tentu saja, laris manis!

12. Es Krim Lobster
Berasal dari New England, es krim yang dikreasikan oleh toko eskrim bernama Ben and Bill's ini memperoleh banyak pujian karena rasanya yang dianggap enak.
Kombinasinya adalah butter ice cream yang dicampur dengan potongan daging lobster.
Kim Knox, salah seorang penulis blog travel mengatakan dalam tulisannya bahwa es krim ini memiliki rasa yang diluar ekspetasinya.
Ben and Bill's bahkan menawarkan sistem pengiriman bagi Anda yang ingin memesan es krim ini. Tetapi sayangnya, hanya khusus di wilayah New England saja.

13. Spaghettieis, Jerman
 
Bukan, spaghettieis bukanlah hidangan pasta yang terkenal dari Italia melainkan varian es krim dari Jerman. Bentuk dan namanya memang mirip dengan spaghetti khas Italia, namun rasanya sama sekali berbeda. Spaghettieis disajikan dingin dalam bentuk seperti gumpalan mie panjang dengan lumuran saus stroberi di atasnya. Untuk menyempurnakan rasa hidangan, spaghettieis dilengkapi dengan parutan almond, keju, atau cokelat putih. Awal es krim ini bermula adalah hasil kreasi oleh seorang Italia yang tinggal di Jerman di tahun 1960an dan es krim ini terus populer hingga sekarang.

14. Es Krim Halva
Israel tak mau kalah dengan Turki dan Iran dalam hal hidangan dingin. Kawasan ini punya es krim lezat dengan halva sebagai fitur utamanya. Halva merupakan sejenis makanan manis yang terbuat dari pasta gula dan madu dari sejenis biji-bijian. Es krim halva mampu membuat warga Israel lupa akan panasnya cuaca Israel di siang hari.

15. Ben and Jerry’s (Vermont, USA)

Banyak yang mengatakan bahwa perusahaan es krim yang berasal dari kota Burlington di Amerika Serikat ini mencerminkan es krim ikonik negara tersebut. Bagaimana tidak, merek es krim ini sangat populer dan dapat ditemui di hampir setiap minimarket maupun supermarket di negara Amerika Serikat.

16. Es Puter

 

Di Asia Tenggara seperti di Indonesia dan MAlaysia kita mengenal Es Puter yang di buat dari santan tanpa menggunakan krim. Cita rasa yang di pakai juga khas Indonesia, seperti Kopyor, Advokad dan Kacang Hijau.

17. Matcha Es krim
Matcha es krim atau es krim teh hijau merupakan es krim unik di dunia yang paling disukai di Jepang. The Matcha adalah jenis makanan yang diolah dari teh hijau jenis tertentu dan pilihan yang biasanya disajikan dalam upacara minum teh jepang.
18. Es Krim Mochi, Jepang
Es krim dan mochi membentuk kombinasi hidangan super lezat, khususnya saat musim panas di Jepang. Berbentuk bulat imut dengan tekstur mochi yang lembut, bagian dalam es krim mochi diisi dengan es krim dingin rasa vanila, cokelat, atau stroberi. Namun, rasa es krim yang lebih populer untuk filling mochi adalah teh hijau dan kacang merah yang dianggap lebih mewakili Jepang. Kini, es krim mochi tak hanya populer di Jepang, tetapi juga di Amerika Serikat dan mancanegara.

19. Es Krim Keju, Filipina

Jika kue keju digemari banyak orang, pasti banyak juga yang menyukai es krim keju. Mungkin begitulah pemikiran warga Filipina saat menciptakan es krim keju. Dan pemikiran tersebut sama sekali tak salah. Kombinasi rasa es krim yang manis dan keju yang gurih terasa amat sesuai di lidah warga Filipina hingga penjual es krim keju menjamur hingga ke pelosok negeri. Begitu populernya es krim keju di Filipina membuat brand es krim populer Magnolia mengeluarkan varian rasa tersebut dengan menggunakan keju cheddar asli.

20. Kulfi, India
Sekilas, tampilan kulfi lebih mirip puding susu dibanding es krim karena teksturnya yang padat. Disajikan dalam kondisi beku namun tetap lembut, banyak orang menyebut kulfi sebagai es krimnya India. Mirip dengan es krim, susu dan gula menjadi bahan utama dari kulfi. Untuk menciptakan rasa yang lebih lokal, bumbu khas India seperti kunyit atau kapulaga juga ditambahkan dalam pembuatan kulfi. Beberapa varian rasa tradisional pada kulfi adalah mangga, mawar, kunyit, dan kapulaga.

21. Es Krim Foie Gras, Perancis

 Foie Gras menjadi salah satu hidangan mewah paling populer di Perancis. Tak mau menyia-nyiakan kepopuleran foie gras, Perancis menghadirkan hidangan tersebut dalam bentuk yang berbeda yaitu es krim. Meski banyak mengundang kecaman terkait cara pembuatannya yang dianggap sadis, baik foie gras maupun es krimnya tetap banyak diminati oleh wisatawan di Perancis.

22. Faloodeh, Iran
Di tengah cuaca yang panas dan kondisi iklim yang gersang, menyantap hidangan dingin menjadi salah satu cara praktis untuk menyejukkan badan bagi warga Iran. Iran punya varian es krim sendiri yang terkenal dengan nama faloodeh. Berbeda dengan es krim yang terbuat dari susu dan krim, bahan dasar faloodeh adalah pati jagung yang dibentuk seperti helaian bihun dingin berwarna putih. Faloodeh siap dihidangkan setelah dihiasi dengan sirup sari mawar, perasan jeruk limau, dan taburan kacang pistas.

23. Aqutaq, Alaska
Dinginnya cuaca di Alaska tidak menghalangi minat penduduk Alaska untuk menikmati kelezatan es krim. Alaska punya varian es krim sendiri bernama aqutaq yang kerap dijuluki sebagai “es krim eskimo”. Terbuat dari minyak nabati, salmonberi, dan blueberi, aqutaq mampu menciptakan kehangatan di dalam meski terasa dingin di luar.

24. Dondurma, Turki
 
 

Lagi-lagi, kawasan timur tengah menjadi pencipta dari varian es krim yang unik. Turki populer dengan dessert dingin bernama dondurma, sejenis es krim yang lembut dan lentur. Kelenturan dondurma membuatnya tak mudah berceceran ke lantai. Barangkali, itulah cara warga Turki untuk menyiasati agar dondurma tak cepat meleleh pada cuaca panas yang menyelimuti seluruh wilayah Turki hampir sepanjang tahun.

25. Es krim Spaghetti dan Keju
 
Inilah salah satu es krim terunik di dunia namun sayangnya mungkin tidak akan mengundang selere makan Anda. Terbuat dari campuran potongan sphagetti dan keju, es krim ini adalah es krim Spaghetti dan Keju dengan bentuk yang cukup mengerikan. Disajikan secara langsung di atas es krim vanilla, Anda disarankan untuk kemudian mencampur sendiri Sphagetti dan kejunya. Dapat dicoba di Heladeria Coromoto, Venezuela.

Naahh itu tadi beberapa macam es krim yang ada didunia.Gimana? Sobat udah pernah nyoba yang mana? kalo aku sih belum semuanya hehee  

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Followers

- Copyright © DAN -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -